Bitters Ama Storiesnya

14 05 2009

Bittering Agent

Bittering Agent


Pahit, Getir, Tart mungkin itu gambaran umum untuk menggambarkan rasa dari “Bitter”. Bagi kita yang bekerja dibelakang bar, angostura bitter, Orang bitter mungkin bukan hal yang asing. Dan sudah menjadi teman keseharian kita membuat cocktails kita . Namun sebenarnya ada banyak bitter yang bisa kita temukan di pasaran.
. Bitters bisa kita bagi dalam 2 kelompok, yaitu
-Natural – Flavoring agent yang bisa kita dapat secara natural/alami yaitu dari bagian kulit buah-buahan.contonya orange,lime,lemon peel.

-Modified – Bitter yang dihasilkan dari proses modifikasi dan eksperiment ,dan biasanya recipe/formulasi dari product tsb dijaga kerahasiaannya. Bitters mencapai puncak kejayaannya sekitar tahun 1860-1880. Manakala ratusan merek bitter bermunculan dipasaran England dan diexport secara besar besaran keseluruh penjuru dunia. Contohnya :

Angostura Bitter-Diambil dari nama dimana dulu bitter ini dikembangkan, Angostura Venezuela yang sekarang berubah menjadi Ciudad Bolivar. Jangan salah dalam angostura bitter ini sama sekali tidak memasukkan angostura bark sebagai salah satu bahan campurannya ,sebagaimana selama ini banyak orang menganggapnya

Orange Bitters – Bitter yang banyak kita temui dipakai pada recipe kuno, Sekarang sangat jarang bisa kita jumpai di barself bar bar modern.

Amer Picon – bitter kebanggaan orang amerika ini sekarang sulit ditemui dipasaran ,Biasanya dikonsumsi sebagai digestif.

Fee’s Brother – berbeda dengan Angostura bitters yang tidak memasukkan angostura bark kedalam campuran recipesnya, fee brothers justru memakai angostura bark sebagai salah satu ramuannya. Dalam pengembangannya fee brothers menawarkan banyak pilihan seperti : Orange, Peach, Mint. Dikembangkan oleh immigrant asal irelandia di amerika pada tahun 1853.

Peychaud ‘s Bitter– Diambil dari nama penemunya Antoine Peychaud, immigrant asal Creole .dia seorang apoteker.

Underberg- Bitter yang satu ini bisa dimasukkan kedalam klasifikasi Digestif Bitter, dibuat dari selektif aromatic herbs dari 43 negara .Bitter yang diambil dari nama penemunya Hubert Underberg –albrecht di tahun 1846,jerman. Sangat cocok untuk relaksasi dan kesehatan tubuh

  • Campari – Ditemukan sekitar tahun 1860 oleh gaspare Campari dari Italy. Seorang mixologist yang bekerja di Bass bar, Turino Italy pada usia 14 tahun. Campari mempunyai formulasi yang juga sangat dirahasiakan. Terdiri lebih dari 60 ramuan herbs,spices, dan juga kulit buah buahan . Biasanya dinikmati sebagai aperitif, dicampur dengan juices seperti Orange atau bisa dicampur dengan soda .bahkan di Italy sudah beredar sparkling campari dalam kemasan kaleng. Sebuah minuman kaleng ready to drink ini adalah instant versi dari campari dan soda.

    Fernet branca – Tak bias dipungkiri bahwa Italy adalah tempat diproduksinya bitter yang berkelas . dan fernet branca adalah salah satunya. Sangat popular di Italy, argentina, San Francisco juga republic Czech.dengan rekor penjualan yang pernah mencapai 6,5 juta per tahunnya. Biasa dikonsumsi sebagai digestif. Enak dicampur dengan cola.

    Jager Meister – kalau boleh diartikan sebagai “Pemburu Jagoan “asal jerman ini, dibuat dari kurang lebihnya 56 ekstrak herbs sama akar akaran dari seluruh penjuru dunia. Dengan 35 % alcohol by volume , akan lebih pas jika diminum dingin atau dengan ice. Bisa juga dengan mixer seperti soda , tonic.

    Ramozzoti – jerman bitter yang pada tahun 2005-2006 menjadi nomor 1 spirit import, dengan penjualan hamper menyentuh 1 juta cases.

    Cynar – Bitter dengan bahan dasar Artichoke, diperkaya dengan 13 herbs dan tumbuh tumbuhan . Bitter yang kaya akan aroma.

    Unicum-Bitter- yang melibatkan lebih dari 40 macam herbs,roots dan spices sebagai bahan dasarnya ini sebenarnya berasal dari recipe kuno asal hungaria yang tak tersentuh sampai tahun 1790. Dan disimpan didalam durmast cask.

    Lucano – Italian bitter ini ditemukan oleh pasquale Vena Figli pada tahun 1894.

    By Tarjoe,
    May 14, 2009


  • Actions

    Information

    One response

    17 05 2009
    Adam

    Emang bener coy…hidup ini bitter! alias pahit banget untuk diresapi…

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s