Drinks & it’s Variations

14 05 2009

Buck – Minuman jenis longdrink yang dibuatnya dengan single liquor dengan tambahan citrus juices dan ginger Ale.

Collin – hampir sama dengan buck, Collins termasuk jenis long drink dengan menggunakan single liquor ditambah lemon juice, sugar dan soda water. Collins juga hampir mirip dengan fizz dan sling tetapi menngunakan built tehnik bukannya shaken.

Cobbler – Disajikan dengan Highball glass sama crushed ice. Simpel saja, Minuman ini adalah campuran dari Spirit, Gula, dan soda. Minuman ini manis ! tetapi agar ada kesan balancenya sebagai garnish kita bisa taruh lime/lemon.
Crusta – jenis minuman ini disajikan menggunakan goblet atau brandy glass yang
Sebelumnya ditaburi gula pada rimnya, dengan menggunakan lime/lemon sebagai media perekatnya.

Cooler – termasuk dalam category refreshing drink, yang mana selalu menggunakan ginger ale atau soda sebagai campurannya dan disajikan dengan menngunakan Collin glass.

Daises – Jenis short drinks yang terbuat dari campuran beberapa spirits dan non alcoholic syrup dan sering disajikan dengan cracked ice. Daises harus disajikan sangat dingin.

Fixes – hampir sama dengan daises tetapi fixes menggunakan mixing tehnik built, bukannya di shake. Fixes menggunakn crushed ice bukannya crack ice.
Fizzes – ini adalah shaken versi dari Collins tetapi lebih menekankan pada besarnya kandungan soda . Fizz drink harus diminum secepatnya agar tidak kehilangan efek sparklingnya.

Flips – Minuman yang dibuat dari satu atau lebih spirits atau liqueur atau wine yang dicampur dengan telur mentah yang masih segar tanpa ada campuran milk (bedakan dengan eggnog). Kocok campuran minuman dengan keras agar tercampur dengan sempurna.
Frappes – adalah single spirits atau liqueur yang disajikan dengan crushed ice. Juga dikenal dengan sebutan mist.

Highballs – Minuman yang pada dasarnya terdiri dari single spirits dan mixernya dan disajikan dengan cubed ice.

Juleps – Minuman yang bisa terdiri dari sembarang spirits,liqueur atau wine tetapi musti terdapat Sugar dan mint dalam campurannya. Kata julep itu sendiri berarti obat yang dipermanis.

Hot Drinks – Istilah yang diperuntukkan bagi cocktails/mocktails yang dipanaskan atau direbus lebih dahulu dalam proses pembuatannya. Hot drinks adalah Jenis minuman yang sangat populer dinegara yang beriklim dingin, terbuat dari campuran Hot chocolate, Coffee dll. Kita bisa ambil contoh : calypso coffee,irish Coffee,dll

Pousse Café – jenis cocktails yang menggunakan layer mixing method, dimana satu per satu ingredients dituang diatas yang lain sehingga membentuk efek pelangi. Aturan main dalam menuangkan spirits adalah tuang spirits yang kadar gulanya paling tinggi( Semakin tinggi kadar gula dalam satu spirits maka kadar alcoholnya semakin rendah ) , karena semakin tinggi kadar gulanya berarti makin berat masa jenisnya. Contohnya : B42, Rainbow, slippery Nipple.

Punches – Punch drink asal muasalnya disajikan dengan punch bowl yang besar, tapi sekarang tidak lagi, bisa disajikan degan single gelas.Punch drinks bisa disajikan panas dengan tambahan juices dan spices atau kita bisa mengurangi kandungan juices dan spices bila ingin disajikan dingin . Spirits yang biasa dipakai adalah Rum atau brandy.
Sangarees – berasal dari bahasa indian Singari yang berarti blood Drink. Minuman ini bisa dibuat dari Liquor, Wine, atau beer. Yang di campur sugar sebagai pemanis dan disajikan dengan short glas dengan crushed ice.

Rickeys –Minuman ini cocok buat kita yang menghindari gula kaena alas an tertentu, Spirit dicampur cengan lime/lemon sama soda water. Sangat menyegarkan.

Slings –tidak jauh beda dengan minuman jenis collins, Fix ataupun fizz, banyak digemari dikawasan yang beriklim panas seperti asia. Minuman ini selalu disajikan dingin.

Smashes – Ini adalah Julep dengan versi yang lebih kecil. Masih dengan Mint sebagai ingredient utamanya plus disajikan dengan crushed ice. Contohnya ; Mojito

Sours – termasuk dalam kategory minuman short dan sharp yang selalu terdapat lemon atau lime didalamnya ditambah liquor dan sugar syrup.

Sooter – Tipe minuman yang disajikan menggunakan sooter glass

Toddies – Minuman ini aslinya disajikan sebagai minuman yang panas, tetapi belakangan kita bisa menikmatinyan panas atau dingin. Toddies pada dasarnya adalah spirits yang dipermanis dengan flavoring agent seperti spices (cinnamon, Nutmeg, Cloves )dan juga slice atau twisted lemon.

Swizzle – Minuman yang sangat dingin, karena disajikan dalam gelas yang penuh dengan crushed ice dan diaduk terlebih dahulu sampai keluar bunga icenya dengan swizzle stick.

Bingungkan? mending dicoba aja

By Tarjoe,
May 14, 2009


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: