Label di Susu kalengan

17 05 2009

Terkadang kita dibikin bingung dengan informasi yang tertera dibotol atau kaleng kemasan susu atau milk. Cobalah sekali dua pergi ke supermarket, dan kunjungi dairy product gerai,disitu kita akan bisa liat sederetan susu atau milk dengan informasi-informasi yang membingungkan. Awas, jangan salah pilih!
Informasi dibawah ini semoga sedikit bisa membantu kita sebelum menentukan milk yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Condensed Milk–Milk yang dibuang sebagaian kandungan airnya dan ditambahkan gula sebagai pemanis. kita sering jumpai di supermarket sebagai susu kental manis., dan untuk mengkonsumsinya kita harus menambahkan air dulu.

Evaporated Milk– hampir sama dengan Condensed milk, Evaporated milk juga membuang kandungan air didalammya sekitar 60%, biasanya dalam susu sapi kandungan airnya bias mencapai sekitar 80%. Sering digunakan sebagai pengganti low fat milk dalam half and half milk.

Flavored Milk– Susu yang bahan dasarnya bisa dari condensed milk, bisa juga dari fresh milk yang ditambah dengan flavor seperti Chocolate, Strawberry, Pisang, dll.

Pasteurized milk – Proses pemanasan susu mentah atau susu segar sampe pada suhu 72 – 75 derajat celcius selama 15 detik. Dengan harapan susu akan bertahan lebih lama.

UHT milk – Diambil dari kependekan Ultra High temperature milk.dimana milk dipanaskan pada suhu antara 135 – 150 derajat selama kurang lebih 3 sampai 10 detik untuk kemudian secepatnya di simpan pada Ambient temperature. UHT Milk biasanya akan bertahan lebih lama dari pasteurized milk biasa karena efek sterilization.

Skimmed milk – Milk dengan komposisi atau perbandingan kadar air yang lebih tinggi dari pada milk itu sendiri.

Powder milk – Milk dalam bentuk bubuk yang dihasilkan dari proses evaporasi dari susu cair setelah melewati pemanasan dan diendapkan sebagai butiran-butiran .

Low fat – Mudah ditebak, kalau milk jenis ini mempunyai kandungan fat yang sangat rendah.

Full cream – kebalikan dari low fat milk,Full cream milk mempunyai kandungan fat yang sangat tinggi.

Light Cream – hampir sama dengan half and half cream atau lebih dikenal sebagai single cream dengan kadar butterfat 20%.

Half & half – Campuran antara setengah milk dan setengah cream. Milk dengan kadar fat yang paling rendah diantara yang lainnya.

Whipped Cream – Cream yang biasanya dipergunakan sebagai topping untuk makanan atau minuman . cream dengan kandungan Butterfat yang sangat tinggi.

Soy Milk – Milk yang dibuat khusus buat vegetarian, dibuat dari sari kedelai.

Nah, sekarang terserah kalian mo pilih yang mana.


Actions

Information

One response

19 05 2009
choirul

asyiik dong…sekarang lebih PD lagi buat belanja susu..ya ngga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: