Bartender know How….

15 06 2009

Chi Chi
Kalau kita flash back kemasa dimana cocktail besar ditemukan, hamper semuanya lahir dari para bartender yang terinspirasi dari kehidupan atau kejadian diisekitarnya. Sebagaimana para seniman berkreasi menghasilkan mahakaryanya. Dibawah ini ada beberapa cerita dibalik sukses cocktail-cocktail besar. Berbeda dengan kreasi cocktail sekarang yang kebanyakan lahir dari ajang kompetisi.

Martini – Cocktail ini merupakan evolusi dari cocktail yang bernama Martinez yang ditemukan sekitar tahun 1862. Identik dengan tiga biji olive sebagai garnishnya. Minuman favorit agent rahasia 007 Mr. James bond.
Manhattan – Hampir sama dengan martini, Manhattan disajikan dengan 3 pilihan yang berbeda yaitu Dry, medium, Sweet. Buah kreasi dari bartender Manhattan Club pada tahun 1874 atas permintaan ibu dari Sir Winston Churchil, lady Randolph Churchill yang ngebooking club tersebut sebagai pesta perayaan yang diperuntukkan buat Samuel J Tilden, seorang politikus.
Margarita – Cocktail yang sangat popular ini mempunyai banyak versi tentang siapa penemunya. Konon satu yang paling dipercaya adalah cerita penemuan oleh Margarita Sames di Acapulco, pada tahun 1948. Pertama disajikan suatu pesta yang diadakan disore. Sang pembantu yang disuruh membuat minuman buat perjamuan itu mencampur tequila dengan lemon squeeze dan orange curacao. Disajikan dengan garam dimulut gelasnya.
Mai Tai – Dalam perkembangannya cocktail ini ngga bisa lepas dari tangan dingin Victor Burgeron owner Trader Vic yang legendaris itu. Dan cocktail ini semakin dikenal seiring dengan semakin besarnya trader Vic bar yang tersebar diseluruh dunia
Mojito – Sudah dikenal pada tahun 1640 di wilayah West Indies, minuman kreasi Sir Walter Raleigh.Sebagaimana tipe cocktail asal daratan tersebut, mereka memakai Rum kebanggaan mereka disetiap campurannya.
Singapore Sling – Ditemukan oleh seorang bartender bernama Ngiam Tong Boom asal Rafles hotel, Singapore pada sekitar tahun 1930. Meski beberapa orang mengklaim ditemukan pada 1915, ada yang bilang1913. Bahkan pihak hotel mengklaim ditemukan jauh sebelumnya, yaitu sekitar tahun 1910. Entahlah mana yang benar…yang jelas setelah itu minuman ini popular diseantero jagat. . Sampai hari ini ada banyak versi recipe cocktail ini. Ironisnya, recipe Singapore versi Rafles hotel ini merupakan recipe paling jelek disbanding yang ada ditempat lain.
Side Car – Asal muasal ditemukannya Side Car, ketika sebuah sepeda motor menabrak pinggiran tempat parkir Harry’s Bar. Oleh Bartender sekaligus ownernya maka terciptalah Side Car. Brandy plus Cointreau. Tercatat Side Car pernah menjadi minuman termahal , seharga 550 Euros, dengan memakai Louis XIII Cognac, Cointreau, dan lemon juice.
Pina Colada – Yang berarti “Strained Pine apple”Ada dua versi tentang penemuan cocktail . Pertama adalah penemuan versi tahun 1953 oleh Ramon Marrero, bartender Caribe Hotel. Dan yang kedua adalah versi tahun 1963, Don ramon Portas Mingat,bartender BARRANCHINA Bar, San Juan Puorto Rico.
Tom Collin – Terinspirasi dari nama seekor kucing yang terjatuh kedalam barrel Gin dan mati menyedihkan.Maka oleh penemu cocktail yang terdiri dari Gin, lemon juice ama Sugar syrup dipake sebagai nama cocktail tersebut.
Daiquiri – Penemu cocktail ini adalah seorang engineer tambang asal Amerika yang tiggal dikampong Daiquiri, dekat Santiago Cuba bernama Jennings Cox pada tahun 1915. Konon, gaji bulanan dia bekerja sebagai buruh tambang adalah segallon Rum, oleh Jennings rum tersebut ditambah sedikit air, lemon juice dan sugar syrup. Maka semenjak itu lahirlah Daiquiri.
Negroni – Cocktail ini merupakan penyempurnaan dari cocktail sebelumnya yaitu Americano (Gin plus campari) hanya dengan menambahkan sweet Vermouth jadilah Negroni. Nama yang diambil dari nama pengunjung bar bernama Camilo Negroni yang selalu minta ditambahkan sweet vermouth kedalam Americano ordernya.
Long Island Iced Tea– Nama yang diambil dari tempat ditemukannya cocktail tersebut, yaitu Long Island. Pada sekitar tahun 1970. Pada awalnya cocktail ini masih memakai ice tea sebagai mixernya, namun pada perkembangannya digaanti dengan Cola.
Bloody merry – kreasi bartender asal Paris Prancis, bernama harry Machetone pada tahun 1921.
Bronx – Terinspirasi ketika mengunjungi kebun binatang Bronx pada tahun 1906, bartender asal Waldorf Astoria hotel bernama Johnny Solon. Cocktail ini dipercaya ikut berperan dalam perkembangan cocktail dunia, ini cocktail pertama yang menambahkan juices kedalam campuran minumannya.
Gimlet – Cocktail yang aslinya lahir dari tangan para pelaut ditengah ganasnya laut lepas untuk membantu para pelaut berperang melawan penyakit kudis.
Whiskey Sour – Recipe yang nggak berubah ubah dari pertama kali ditemukannya pada tahun1891 hingga kini. Simpel saja dengan menambahkan satu bagian sugar dan dua bagian kedalam whiskey.
Caipirinha – Cocktail kebanggaan orang Brazil.. Cocktail yang memiliki makna “ Minuman buruh Petani” ini mampu menggantikan obat penyembuh malaria yang waktu itu mewabah disekitar Brazil.
Harvey Wallbanger – Diambil dari nama seorang peselancar bernama Harvey yang tersingkir dalam sebuah kejuaraan selancar. Kemudian dia menghabiskan sisa waktunya di Pancho’s Bar, Manhattan beach. Dia terlalu banyak minum vodka yang dicampur ama Galliano dan orange juice hingga mabuk berat…bahkan sampai membentur-benturkan kepalanya ditembok bar. Maka terciptalah Harvey Wallbanger.

Terkesan konyol memang, tapi itulah kenyataan! Cocktail yang lahir dan teruji oleh masa dan waktu. Classic dan unik.

By Tarjoe,
June 15, 2009


Actions

Information

5 responses

24 04 2010
dikky

kerren semua tentang stori nya…..tambah ilmu pengetahuan nyadeh……

25 04 2010
tarjoe

Thanks for commentnya ky! smg kedepan barklinik jd tambah seru! In touch aja ya..

19 07 2009
xrnzchuxq

iuv3Tw isjybtuolqla, [url=http://ljqjvskepyyt.com/]ljqjvskepyyt[/url], [link=http://ejnqhnrpbpnq.com/]ejnqhnrpbpnq[/link], http://wlobtjncsgdf.com/

16 06 2009
supriyanto

keren eui….sebelumnya mungkin kita kagak tau story dibelakang setiap cocktails ….

15 06 2009
Tegar

Karya besar emang teruji dan terbukti kokoh manakala dihadapkan pada pertanyaan dan keraguan publik….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: